Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Otak Wanita dengan Pria


Otak Jantan - Otak betina

Kebanyakan orang percaya bahwa perbedaan perilaku antara pria dan wanita sebagian besar disebabkan oleh pengaruh aspek kebudayaan, sementara yang lainnya berpendapat bahwa itu disebabkan oleh perbedaan jenis kelamin. Pada kenyataannya, perbandingannya tidak hanya sebatas itu. Pria dan wanita berbeda secara anatomi, emosional dan pembawaan. Otak pria dan wanita juga dibangun dengan struktur yang berbeda sehingga memiliki pola pikir logis, persepsi, analisis, emosi dan indera suara serta ruang secara berbeda pula.
Terus apa saja sih perbedaannya? Yup, seperti judul artikelnya. Berikut ini beberapa perbandingan otak pria dengan wanita.

Perbandingan dalam hal Pengamatan
Alasan mengapa pria sulit membohongi seorang wanita dikarenakan wanita adalah pengamat yang baik. Wanita mengamati ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kata-kata yang keluar dari mulut. Sebenarnya, sebagian pria dengan kepribadian Introvert juga memiliki kemampuan ini, hanya saja tidak sebaik seorang wanita.

Sensitivitas emosi
Wanita adalah gudangnya emosi. Wanita tak hanya mampu mengatasi masalahnya tetapi juga masalah orang lain. Wanita dapat menyeimbangkan logika dan perasaan dalam waktu yang sama. Maka dari itu, jangan menyebut wanita itu baperan atau terlalu suka mengurusi masalah orang lain.

Hal-Hal yang  bersifat Matematis
Bisa dikatakan pria memang lebih jago dalam urusan yang bersifat matematis dibanding wanita. Ini karena otak pria di bagian parietal yang bertugas menghitung memiliki ukuran yang lebih besar daripada wanita.

Bahasa
Saat berdebat, pria sering merasa bingung dengan kata-kata yang diucapkan oleh wanita. Itu dikarenakan otak wanita pusat verbalnya berada di dua sisi, sementara pria hanya memiliki satu sisi.
Hal tersebut membuat pria lebih sedikit mengeluarkan pendapat saat menjelaskan sesuatu dibanding wanita. Ini juga alasan mengapa wanita lebih cerewet daripada pria.

● Perlakuan
Wanita adalah sosok penyayang dan pengasih, karena pada dasarnya memiliki jiwa seorang ibu. Kapan pun kamu sedih dan merasa depresi, pelukan wanita adalah hal terbaik yang bisa kalian peroleh di dunia. Itupun jika kamu punya pasangan hehehe.

Alasan ilmiah di balik hal tersebut adalah, otak wanita memproduksi hormon serotonin dan oksitosin yang lebih banyak.

Kemampuan Analisis
Menurut penelitian otak pria lebih besar daripada wanita, kurang lebih 8% hingga 13% dibandingkan otak wanita. Hanya saja hal itu berhubungan dengan ukuran tubuh pula.

Ukuran yang besar tersebut membuat pria lebih mampu menganalisis masalah dengan lebih baik dan membuat keputusan yang akurat daripada wanita.

Pola komunikasi
Ini merupakan alasan mengapa pria selalu kalah saat berdebat dengan wanita, wanita adalah komunikator ulung.
Mereka dapat menawar sesuatu dengan sangat baik saat berbelanja, sementara pria hanya berdiri di sisi jalan sambil terkesima. Itu dikarenakan oleh bagian otak kiri pria lebih berfungsi daripada yang kanan. Sementara otak wanita sama baiknya.

Multitasking
Kalian para wanita pasti sering dong melihat pria bermain game ataupun menonton Anime atau film, saking fokusnya sampai-sampai tidak mendengar suara-suara di sekitarnya.       
Nah, itu merupakan bukti bahwa pria tidak pandai mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Sementara wanita jauh lebih baik, contohnya: ibumu bisa lho membuat kue, ngobrol di telepon bahkan ghibah, sembari mengawasi anaknya yang tengah bermain dalam waktu yang sama.
Alasannya jelas, otak pria tidak mampu melakukan kegiatan multitasking. Sedangkan otak wanita mampu memproses sesuatu berkali-kali sementara pria hanya sekali.

Pemecahan Masalah
Wanita bisa ngobrolin banyak hal dengan teman-temannya, paling sering sih nge-gosipin seseorang. Itu dikarenakan otak wanita tidak mampu mengklasifikasi atau memproses beberapa masalah sekaligus. Sementara pria dapat mengklasifikasi masalah dan menyelesaikannya satu persatu.

Muhammad Zaenal Abidin
Muhammad Zaenal Abidin Blog ini berisi opini saya akan suatu hal, jadi sebaiknya tidak untuk ditelan mentah-mentah ya.

8 komentar untuk "Perbandingan Otak Wanita dengan Pria"